Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Singkat di Perkampungan Adat Rangat

 Cerita Singkat di Perkampungan Adat Rangat

Perkampungan Adat Rangat terletak di Desa Wae Lolos Kecamatan Sano Nggoang Kabupaten Manggarai BARAT-NTT. Perkampungan Adat ini pada awalnya adalah Kampung asli masyarakat Rangat (Dalam bahasa Manggarai disebut Bangka) yang sudah sekian lama ditinggalkan karena lebih memilih untuk membangun rumah permanen dekat jalan raya yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Bangka (kampung asal/asli).

Setelah Sekian lama ditinggalkan masyarakat kampung, Rumah-rumah di Bangka ini dibangun kembali (Reborn) oleh masyarakat setempat dengan motif seperti Rumah Adat Manggarai (Mbaru Gendang) yang inisiator utamanya adalah Dr. Bernadus Barat Daya, SH., MH. (salah satu tokoh asal kampung Rangat).

Perkampungan Adat ini sangat menarik dengan Arsitektur Rumah adat yang menampilkan ciri khas asli rumah adat Manggarai yang didukung dengan lingkungan masyarakat yang ramah dan selalu menjaga kearifan lokal. 

Banyak yang mengatakan bahwa Perkampungan Adat Rangat ini adalah The Next Wae Rebo yang akan menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Manggarai Barat. Apalagi di sekitar perkampungan ini terdapat beberapa destinasi wisata lainnya seperti Cunca Rami dan Sano Nggoang yang akan menjadi objek sasaran kunjungan wisatawan.

Posting Komentar untuk "Cerita Singkat di Perkampungan Adat Rangat"