Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi dan Peradaban

Teknologi dan Peradaban


Apa yang memungkinkan bagi manusia untuk bisa berdiri tegak diluar pakem yang ada dalam dirinya? Atau dengan kata lain, apa yang membedakan manusia dengan hewan?

Beberapa orang akan berkata, Perbedaan terbesar antara manusia dan hewan adalah manusia digerakkan oleh nalar dan logika. Mereka dapat terlibat dalam aktivitas intelektual atau Perbedaan esensial antara hewan dan manusia adalah kemampuan untuk merefleksikan diri.

Semua hal ini mengarah pada satu kesimpulan. Ini merupakan kemampuan pemikiran yang abstrak atau imajinasi untuk merumuskan masyarakat manusia saat ini.

Kekuatan Imajinasi Manusia

Dengan kekuatan imajinasi, manusia menciptakan segala hal, menghasilkan filsafat, dan menciptakan hukum dan mata uang dan lain sebagainya. Tidak ada hewan yang dapat membayangkan jumlah di rekening bank manusia yang dapat bertukar dengan makanan, dapat mengatur aktivitas manusia, atau konflik antara agama yang bisa menyebabkan perang dan berkaitan erat dengan kehidupan jutaan orang.

Namun, sebagai bagian dari makhluk hidup di dunia ini, tubuh fisik manusia membatasi imajinasinya yang tidak terbatas.

Untuk mencapai apa yang diinginkan di luar dirinya, manusia mengembangkan teknologi. Berat maksimum yang bisa dibawa oleh orang biasa adalah sekitar 20 kilogram. Seekor kuda dapat membawa 70 hingga 100 kilogram barang. Pada saat manusia berhasil menjinakkan kuda, kemampuan kita untuk membawa barang meningkat 4 sampai 5 kali lipat.

Satu tenaga kuda adalah kekuatan seekor kuda untuk bergerak dengan kecepatan 1 inci per menit dengan beban 33.000 pound. Setelah Watt memperbaiki mesin uap, ketel mesin uap dapat terus menghasilkan 70 tenaga kuda, yang berarti menarik 70 kuda secara bersamaan.

Caesar dan Napoleon adalah dua tokoh besar dan sangat berpengaruh. Sulit untuk mengatakan siapa yang memiliki kemampuan lebih baik dari sudut pandang pribadi.

Hal umum yang paling banyak diketahui adalah bahwa mereka hidup dalam periode yang sangat berbeda. Mereka bisa membuat orang banyak mati setelah penemuan senjata dan meriam.

Namun, bukan berarti kemampuan Napoleon lebih baik dibandingkan dengan Caser, tetapi Napoleon harus mengikuti aturan pada masa itu. Permainan perang dan struktur sosial diubah oleh teknologi. Napoleon tidak bisa berbuat apa-apa selain menyesuaikan diri. Tenaga manusia tidak ada gunanya menghadapi perkembangan teknologi dan masyarakat.

Akibatnya, dalam interaksi antara teknologi dan peradaban, masa lalu kita menjadi sejarah, dan masa depan kita menjadi tidak dapat diprediksi.

Masa Depan dan Selanjutnya

Teknologi ditemukan dan dikendalikan oleh manusia. Kehidupan manusia juga sangat dipengaruhi oleh teknologi. Keterlibatan dalam interaksi ini adalah bentuk keseimbangan antara teknologi dan peradaban.

Penting bagi kita untuk memiliki kesadaran bersama akan perkembangan dunia digital yang semakin pesat. Dari semua perkembangan itu, kita bisa melihat dengan jelas pentingnya keberanian berinovasi. Teknologi akan berkembang di tempat dengan lingkungan yang ramah inovasi.

Generasi saat ini selalu dibingungkan dengan cara dan sikap yang tepat dalam menghadapi perkembangan teknologi. Seperti yang telah disebutkan, teknologi tidak dapat dipisahkan dari manusia, dan peradaban manusia tidak dapat berkembang tanpa bantuan teknologi. Pendidikan adalah konsep yang jauh lebih penting daripada mengajar dan belajar. Pendidikan harus melahirkan generasi yang siap menyambut dan memiliki kesadaran akan perubahan dan peradaban dunia baru.

Imajinasi bisa memberdayakan manusia dengan kemampuan dengan kemampuan yang dimiliki untuk mencapai hampir segalanya. Ingat, manusia adalah satu-satunya spesies yang tidak memiliki sayap namun dapat menjelajah langit, bahkan lepas dari problem gravitasi, dan terbang ke luar angkasa.

Teknologi memang luar biasa untuk mengeksplorasi apa yang ada di luar tubuh fisik kita. Penting juga untuk kita ingat sebagai makhluk hidup di planet ini, manusia adalah kakak bagi orang lain, dan kehidupan harus selalu menjadi pusat teknologi. Interaksi antara teknologi dan peradaban ini membuat planet ini berkembang.

Posting Komentar untuk "Teknologi dan Peradaban"