Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tren Teknologi Teratas Di Tahun 2023

Tren Teknologi Teratas Di Tahun 2023

Tahun 2023 akan menyaksikan pertumbuhan dan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Berbagai inovasi dan solusi teknologi baru akan muncul untuk memenuhi kebutuhan pasar dan menjawab tantangan yang ada.

AI Di Mana Saja

Pada tahun 2023, kecerdasan buatan akan menjadi nyata dalam organisasi. AI tanpa kode, dengan antarmuka drag-and-drop yang mudah, akan memungkinkan bisnis apa pun memanfaatkan kekuatannya untuk menciptakan produk dan layanan yang lebih cerdas.

Kami sudah melihat tren ini di pasar ritel. Stitch Fix menggunakan algoritme berkemampuan AI untuk merekomendasikan pakaian kepada pelanggannya yang sesuai dengan ukuran dan selera mereka.

Belanja dan pengiriman tanpa kontak dan otonom juga akan menjadi tren besar di tahun 2023. AI akan mempermudah konsumen untuk membayar dan menerima barang dan jasa.

AI juga akan menambah hampir setiap pekerjaan di setiap proses bisnis lintas industri. Lebih banyak retailer akan menggunakan AI untuk mengelola dan mengotomatiskan proses manajemen inventaris kompleks yang terjadi di balik layar, sehingga tren kenyamanan seperti buy-online-pickup-at-curbside (BOPAC), buy-online-pickup-in-store (BOPIS), dan beli-online-return-in-store (BORIS), akan menjadi standar.

AI juga akan menjadi mesin di balik inisiatif pengiriman otonom terbaru yang sedang diujicobakan dan diluncurkan oleh pengecer, dan semakin banyak pekerja ritel harus terbiasa bekerja bersama mesin untuk melakukan pekerjaan mereka.

Bagian dari Metaverse Akan Menjadi Nyata

Saya tidak terlalu peduli dengan istilah "metaverse", tetapi itu menjadi singkatan dari internet yang lebih imersif di mana kita dapat bekerja, bermain, dan bersosialisasi di platform yang terus-menerus.

Para ahli memperkirakan bahwa metaverse akan menambahkan $5 triliun ke ekonomi global pada tahun 2030, dan 2023 akan menjadi tahun yang menentukan arah metaverse untuk dekade berikutnya.

Teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) akan terus berkembang. Satu area yang harus diperhatikan adalah lingkungan kerja di metaverse — pada tahun 2023, saya memperkirakan bahwa kita akan memiliki lingkungan pertemuan yang lebih imersif tempat kita dapat berbicara, bertukar pikiran, dan berkreasi bersama.

Faktanya, Microsoft dan Nvidia sudah mengembangkan platform metaverse untuk berkolaborasi dalam proyek digital.

Kita juga akan melihat teknologi avatar yang lebih canggih di tahun baru. Sebuah avatar — kehadiran yang kami proyeksikan saat kami terlibat dengan pengguna lain di metaverse — dapat terlihat persis seperti yang kami lakukan di dunia nyata, dan tangkapan gerak bahkan akan memungkinkan avatar kami mengadopsi bahasa tubuh dan gerak tubuh kami yang unik.

Kami juga mungkin melihat perkembangan lebih lanjut dalam avatar otonom berkemampuan AI yang dapat bertindak sebagai perwakilan kami di metaverse, bahkan jika kami tidak masuk ke dunia digital.

Perusahaan sudah menggunakan teknologi metaverse seperti AR dan VR untuk melakukan pelatihan dan orientasi, dan tren ini akan meningkat pada tahun 2023. Raksasa konsultan Accenture telah menciptakan lingkungan metaverse yang disebut Nth Floor. Dunia virtual ini menampilkan replika kantor Accenture dunia nyata, sehingga karyawan baru dan karyawan saat ini dapat melakukan tugas terkait SDM tanpa harus hadir di kantor fisik.

Kemajuan dalam Web3

Teknologi Blockchain juga akan meningkat secara signifikan pada tahun 2023 karena perusahaan menciptakan produk dan layanan yang lebih terdesentralisasi.

Misalnya, saat ini, kami menyimpan semuanya di cloud — tetapi jika kami mendesentralisasikan penyimpanan data dan mengenkripsi data tersebut menggunakan blockchain, informasi kami tidak hanya akan lebih aman, tetapi kami akan memiliki cara inovatif untuk mengakses dan menganalisisnya.

Token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) akan menjadi lebih bermanfaat dan praktis di tahun baru. Misalnya, tiket konser NFT berpotensi memberi Anda akses ke pengalaman dan memorabilia di belakang panggung. NFT mungkin merupakan kunci yang kami gunakan untuk berinteraksi dengan banyak produk dan layanan digital yang kami beli, atau NFT dapat mewakili kontrak yang kami buat dengan pihak lain.

Menjembatani Dunia Digital dan Fisik

Kami telah melihat jembatan yang muncul antara dunia digital dan fisik, dan tren ini akan berlanjut pada tahun 2023. Ada dua komponen dari penggabungan ini: teknologi kembaran digital dan pencetakan 3D.

Kembar digital adalah simulasi virtual dari proses, operasi, atau produk dunia nyata yang dapat digunakan untuk menguji ide baru dalam lingkungan digital yang aman. Desainer dan insinyur menggunakan kembaran digital untuk membuat ulang objek fisik di dalam dunia virtual, sehingga mereka dapat menguji dalam setiap kondisi yang memungkinkan tanpa biaya eksperimen kehidupan nyata yang tinggi. Pada tahun 2023, kita akan melihat lebih banyak kembar digital, dari pabrik hingga mesin hingga mobil hingga perawatan kesehatan presisi.

Setelah pengujian di dunia maya, para insinyur dapat men-tweak dan mengedit komponen, lalu membuatnya di dunia nyata menggunakan teknologi pencetakan 3D.

Misalnya, tim Formula 1 saat ini mengumpulkan data yang dikirimkan dari sensor selama balapan, serta suhu trek balap dan kondisi cuaca, untuk melihat bagaimana mobil berubah selama balapan. Kemudian mereka mengalirkan data dari sensor ke mesin kembar digital dan komponen mobil dan menjalankan skenario untuk membuat perubahan desain dengan cepat. Tim kemudian mencetak suku cadang mobil secara 3D berdasarkan hasil pengujian mereka.

Sifat yang Semakin Dapat Diedit

Kita akan hidup di dunia di mana kita dapat mengubah materi, tumbuhan, dan bahkan manusia dengan mengeditnya. Nanoteknologi akan memungkinkan kita membuat bahan dengan fitur yang benar-benar baru, seperti tahan air dan kemampuan penyembuhan diri.

CRISPR-Cas9 telah ada selama beberapa tahun, tetapi pada tahun 2023 kita akan melihat teknologi pengeditan gen dipercepat untuk memberi kita peningkatan kemampuan untuk "mengedit alam" dengan mengubah DNA.

Pengeditan gen berfungsi seperti pengolah kata, di mana Anda dapat mengeluarkan beberapa kata dan menambahkan yang lain - tetapi Anda dapat melakukannya dengan gen. Pengeditan gen dapat digunakan untuk memperbaiki mutasi DNA, mengatasi masalah alergi makanan, meningkatkan kesehatan tanaman, atau bahkan mengedit karakteristik manusia seperti warna mata dan rambut.

Kemajuan Kuantum

Saat ini, ada perlombaan di seluruh dunia untuk mengembangkan komputasi kuantum dalam skala besar.

Komputasi kuantum, yang menggunakan partikel subatomik untuk menciptakan cara baru dalam memproses dan menyimpan informasi, merupakan lompatan teknologi yang diharapkan dapat membuat komputer kita mampu beroperasi satu triliun kali lebih cepat daripada prosesor tradisional tercepat yang tersedia saat ini.

Potensi bahaya dari komputasi kuantum adalah dapat membuat praktik enkripsi kita saat ini menjadi tidak berguna — sehingga negara mana pun yang mengembangkan komputasi kuantum dalam skala besar dapat merusak enkripsi negara lain, bisnis, sistem keamanan, dan banyak lagi. Ini adalah tren yang harus diperhatikan dengan cermat pada tahun 2023 karena negara-negara seperti AS, Inggris, China, dan Rusia menggelontorkan uang untuk mengembangkan teknologi komputasi kuantum.

Kemajuan Teknologi Hijau

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dunia saat ini adalah mengerem emisi karbon kita sehingga kita dapat mengatasi krisis iklim.

Pada tahun 2023, cari kemajuan berkelanjutan seputar hidrogen hijau, sumber energi baru dengan pembakaran bersih yang menghasilkan emisi gas rumah kaca mendekati nol. Shell dan RWE, dua perusahaan energi besar Eropa, menciptakan saluran pipa hijau besar pertama dari pembangkit listrik tenaga angin di Laut Utara.

Kami juga akan melihat kemajuan dalam pengembangan jaringan listrik terdesentralisasi. Pembangkit energi terdistribusi menggunakan model ini menyediakan sistem pembangkit listrik kecil dan penyimpanan yang terletak di komunitas atau rumah individu — sehingga mereka dapat menyediakan listrik meskipun jaringan utama tidak tersedia. Saat ini, sistem energi kita didominasi oleh perusahaan gas dan energi besar, tetapi inisiatif energi terdesentralisasi memiliki potensi untuk mendemokratisasi kekuatan di seluruh dunia sekaligus mengurangi emisi karbon.

Robot Akan Menjadi Lebih Manusiawi

Pada tahun 2023, robot akan menjadi lebih mirip manusia — dalam penampilan dan kemampuan. Jenis robot ini akan digunakan di dunia nyata sebagai penyambut acara, bartender, concierge, dan pendamping untuk orang dewasa yang lebih tua. Mereka juga akan melakukan tugas kompleks di gudang dan pabrik saat mereka bekerja bersama manusia di bidang manufaktur dan logistik.

Satu perusahaan sedang bekerja keras untuk membuat robot mirip manusia yang akan bekerja di rumah kita. Pada Hari AI Tesla pada September 2022, Elon Musk mengungkapkan dua prototipe robot humanoid Optimus, dan mengatakan perusahaan akan siap menerima pesanan dalam 3 hingga 5 tahun ke depan. Robot dapat melakukan tugas-tugas sederhana seperti mengangkat barang dan menyiram tanaman - jadi mungkin sebentar lagi kita akan dapat memiliki "robot butler" yang membantu di sekitar rumah.

Kemajuan dalam Autonomous System

Para pemimpin bisnis akan terus membuat kemajuan dalam menciptakan sistem otonom, khususnya seputar pengiriman dan logistik. Banyak pabrik dan gudang telah menjadi sebagian atau sepenuhnya otonom.

Pada tahun 2023, kita akan melihat lebih banyak lagi truk dan kapal yang dapat mengemudi sendiri, serta robot pengiriman — dan bahkan lebih banyak lagi gudang dan pabrik yang akan menerapkan teknologi otonom.

Ocado, supermarket online Inggris yang menggambarkan dirinya sebagai "pengecer grosir online terbesar di dunia", menggunakan ribuan robot otonom di gudangnya yang sangat otomatis untuk menyortir, mengangkat, dan memindahkan bahan makanan. Gudang juga menggunakan AI untuk menempatkan barang paling populer agar mudah dijangkau robot. Perusahaan Ocado sekarang meluncurkan teknologi otonom di balik gudang sukses mereka ke pengecer bahan makanan lainnya.

Teknologi Lebih Berkelanjutan

Terakhir, kita akan melihat dorongan menuju teknologi yang lebih berkelanjutan pada tahun 2023. Banyak (jika tidak sebagian besar) dari kita kecanduan teknologi seperti ponsel cerdas, tablet, dan komputer kita — tetapi dari mana asal komponen untuk memproduksi gadget favorit kita? Orang-orang akan lebih memikirkan dari mana komponen tanah jarang untuk hal-hal seperti chip komputer berasal dan bagaimana kita mengonsumsinya.

Kami juga menggunakan layanan cloud seperti Netflix dan Spotify, yang masih berjalan di pusat data besar yang menghabiskan banyak energi.

Pada tahun 2023, kita akan melihat dorongan berkelanjutan untuk membuat rantai pasokan lebih transparan, karena konsumen menuntut agar produk dan layanan yang mereka investasikan hemat energi dan didukung oleh teknologi yang lebih berkelanjutan.

Posting Komentar untuk "Tren Teknologi Teratas Di Tahun 2023"