Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketum Demokrat AHY Deklarasi Anies Baswedan Capres di Pemilu 2024

Partai Demokrat telah resmi memberikan restu dan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Dok. YouTube

Pernyataan dukungan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Kamis, (02/03/2023) di kantor DPP Demokrat setelah melalui tahapan berupa rapat Majelis Tinggi Partai (MTP).

“Dengan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang telah diambil tadi malam dan dikonfirmasi hari ini langsung kepada beliau, bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan kami usung bersama. Ini memberikan kekuatan hukum pada deklarasi Partai Demokrat yang sebelumnya sudah disampaikan,” ujar AHY.

Anies Siap Jalankan Amanah Demokrat

Menanggapi keputusan Demokrat, Anies Baswedan dalam konferensi persnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Partai Demokrat atas sikap dan komitmen untuk berjalan bersama memperjuangkan perubahan dan perbaikan di tahun 2024 mendatang.

Selain ucapan terima kasih, Anies juga menyampaikan sikap dan komitmennya untuk menerima dan menjalankan amanah besar yang diberikan oleh Partai Demokrat bersama dengan dua partai pengusung lainnya yakni Nasdem dan PKS.

 “Hari ini Partai Demokrat kembali menegaskan komitmen untuk berjalan bersama kedepan. Menegaskan sikap yang telah disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Mas AHY atas pembahasan yang kita lakukan secara bersama-sama di dalam Majelis Tinggi dimana menetapkan untuk mengusung kami sebagai calon presiden di Pemilu tahun 2024 bersama dengan partai pengusung lain yaitu Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera,” ujar Anies.

“Kami menerima amanah besar ini, mengemban amanah besar ini dan Insya Allah kita siap untuk berjalan bersama-sama menuju perubahan dan perbaikan. Amanah besar untuk merawat konstitusi, amanah besar untuk merawat demokrasi dan menuntaskan cita-cita reformasi, amanah besar untuk menunaikan janji kemerdekaan utamanya untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tambah Anies.

Anies kemudian menyampaikan harapan dan dukungan masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk berjalan bersama mencapai perubahan dan perbaikan yang dicita-citakan bersama.

“Momen-momen seperti hari ini adalah momen penguatan tekad, momen penguatan komitmen untuk kerja bersama kedepan. Momen untuk mengirimkan pesan kepada seluruh rakyat Indonesia, kepada masyarakat pendukung, kepada publik luas. Mari bergabung, mari bergerak bersama, mari menjemput perubahan untuk perbaikan Indonesia kedepan,” tutupnya.

Baca: Deklarasi Anies-AHY: Ini Kata Ketua DPC Demokrat Manggarai

AHY Ajak Masyarakat Berjuang Bersama

Sejalan dengan Anies, AHY juga mengharapkan dukungan bersama seluruh masyarakat luas dalam mewujudkan agenda perubahan dan perbaikan pada Pilpres 2024 mendatang.

“Kami menentukan bukan hanya sikap tetapi keputusan yang jelas bahwa Demokrat akan tetap berada dalam garis perubahan dan perbaikan. Kami meyakini bahwa Pemilu 2024 nanti, semangat perubahan dan perbaikan ini juga semakin besar,” jelas AHY.

Untuk diketahui, terdapat tiga partai besar yang mendeklarasikan dukungan ke Anies Baswedan sebagai Capres pada Pilpres 2024. Ketiga partai yang dimaksud antara lain adalah Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem. (Pijar.my.id)