Defra, Siswi SMA yang Mengisi Waktu Liburan dengan Bernyanyi

Defra - dokumen pribadi


Itok Aman | Teman Ceritamu

 “... Uang bukan segalanya, tetapi merawat mimpi dalam memanfaatkan setiap kesempatan yang datang adalah hal baik untuk mengembangkan hobi…”

Demikian adalah sepenggal kalimat yang tepat untuk menggambarkan tentang seorang Defra. Salah satu penyanyi pendatang baru yang sedang menjadi sosok pujian para pecinta sajian lagu di tenda pesta juga panggung hiburan di wilayah Mukun dan sekitarnya. 


Memasuki bulan Mei hingga November pada setiap tahunnya, di wilayah Flores, termasuk khususnya Manggarai Raya, banyak pasangan muda memutuskan untuk menikah. Memilih tanggal yang tepat sesuai kesepakatan dari sepasang kekasih dan keluarga besar dari keduanya.


Dalam pernikahan, bukan hanya berbicara tentang belis, akad nikah ataupun pemberkatan janji suci. Selebihnya juga ada ungkapan rasa syukur lain yang menjadi bagian dari perayaan. Seperti resepsi bersama yang melibatkan keluarga besar, teman, dan kenalan. Bahkan ada yang nekat mengundang mantan kekasih untuk hadir dalam resepsi pernikahannya. Bagian terakhir ini, saya bilang gagah dan berani. Sungguh…!!! 


Dalam resepsi nikah, ada beberapa komponen yang diperlukan. Mulai dari dekorasi panggung, tata rias dan tata ruang, musik dan band, serta MC yang jago menghidupkan suasana (macam yang tulisannya sedang kamu baca ini juga bisa jadi MC pilihanmu e Kaks… hihihi…)


Komponen-komponen ini adalah pelengkap yang saling mengisi untuk memeriahkan sebuah acara resepsi pernikahan. Saling mendukung dan tentu mesti kooperatif.


Tidak ketinggalan, di tengah begitu banyak stok penyanyi ketjeh badai di wilayah Manggarai Raya, pengantin punya pilihan sendiri untuk wedding singer. Mulai dari anggota keluarga yang bisa menyanyi, penyanyi yang sudah mengeluarkan single dan album di platform digital hingga penyanyi pendatang baru yang tentu memiliki suara yang tidak kalah merdu.


Adalah Defra, salah satu penyanyi pendatang baru asal Mukun juga sedang menjadi pilihan pengantin untuk mengisi deretan daftar penyanyi di resepsi pernikahan mereka. Salah satu siswa SMAK St. Arnoldus Janssen Mukun itu kini tengah menikmati waktu liburannya usai menyelesaikan ujian semester 2. 


Untuk mengisi waktu liburan, Defra beberapa kali diundang pengantin dan panitia penyelenggara resepsi pernikahan untuk menyumbangkan suara emasnya di tenda pesta. Tidak sia-sia, setiap kali Defra melantunkan lagu-lagu pilihannya, riuh tepuk tangan undangan memecahkan keheningan di dalam ruangan.


Selain pengantin dan panitia penyelenggara resepsi pernikahan, Defra juga beberapa kali diajak gabung oleh manajemen Alam Damai Entertainment untuk menjadi elemen pelengkap dari salah satu Wedding Organizer terlengkap dan termurah di Manggarai Timur itu.


Berpesta Sambil Bekerja


Sedikit berbeda dengan pelajar yang lain, siswi SMA yang sebentar lagi duduk di bangku kelas tiga itu memanfaatkan suara emasnya untuk membantu orangtua mengumpulkan pundi-pundi rupiah selama liburannya. Tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi Defra. Tidak hanya merawat hobi untuk bernyanyi, namun hobi itu mendatangkan uang. Yap! Defra berlibur. Berlibur sambil menghadiri pesta-pesta nikah. Berpesta sambil bekerja. Keren eh!


Bagaimana tidak keren, Defra yang pada saat duduk di bangku kelas satu, sudah memenangkan lomba vokal dengan peringkat 1 lewat kegiatan MKKS tingkat Kabupaten Manggarai Timur. 


Berangkat dari pengalaman inilah, Defra mulai berani untuk menunjukkan kebolehannya dalam mengisi panggung-panggung hiburan di Manggarai Timur dan Manggarai Tengah. Mulai dari konser amal, pesta rakyat, pesta nikah, pesta sekolah, dan lain-lain.


Impian Menjadi Penyanyi Profesional 


Semenjak Defra muncul di platform youtube Erland Darmo, kepala sekolah SMAK St. Arnoldus Janssen yang sangat mendukung minat dan bakat siswa, Defra pun menarik perhatian Steny Arutama – manajer Arrutama Production yang mengakomodir para penyanyi-penyanyi muda Manggarai dengan konsep lagu berbahasa Manggarai dalam sentuhan musik modern.


Pada kanal Youtube Arrutama Production Creative, single pertama Defra (lagu dalam bahasa Manggarai) dengan judul Nia sejak dirilis sampai saat ini telah ditonton ratusan ribu kali. Semenjak saat itulah, mimpi Defra untuk menjadi penyanyi profesional kian tumbuh dalam dirinya. 


Untuk menjadi seorang penyanyi profesional, sebelum berani terjun ke ajang pencarian bakat di kancah musik nasional, Defra memanfaatkan panggung-panggung yang sering ia isi untuk melatih mentalnya. Sebab bagi Defra, jam terbang hanyalah kiasan, tetapi keterbiasaan mencintai setiap panggung kecil adalah penghargaan mewah menuju panggung-panggung besar. 


Kini, Arrutama Production Creative tengah menyiapkan single kedua dari penyanyi perempuan pendatang baru ini untuk terus mewarnai keseharian pecinta musik Manggarai.


Selebihnya, hebat itu bukan karena bakat. Melainkan hasil dari hempasan tekad dan banyak kerja keras. Selamat berjuang meraih mimpimu, Enu Defra! 


Salam sayang dari Nana-nana reba di Tabeite.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *